INILAH CARA BUAT KAOS YANG DILAKUKAN DI JASA KONVEKSI

Apakah anda tahu buat kaos sendiri dan membuat pakaian di jasa pabrik kaos. Teknik dalam pengerjaan pakaian kaos ini nyatanya hampir sama. Dan salah satu hal yang membedakannya ini adalah skalanya. Pada saat anda ini ingin membuat kaos sendiri. Maka untuk segala sesuatunya, anda bisa membuat sendiri. Namun berbeda dengan pabrik kaos ya, dalam skala besar biasanya terdapat beberapa pembagian tugas. Ada yang memotong pola, menjahit bagian leher, lengan, pasang kancing, sablon dll.  Hingga pada tahap finishing dan packing. Sampai benar – benar produk pakaian kaos ini layak dan di kirim ke tangan konsumen.

Buat Kaos

4 Cara Buat Kaos Yang Dilakukan Di Dalam Konveksi

Pakaian kaos ini memang sudah cukup lumrah saat ini. Dimana jenis pakaian ini merupakan jenis pakaian yang cukup nyaman untuk berbagai macam aktivitas. Pengguna pakaian ini pun hampir datang dari segala usia. Mulai dari anak – anak, ada remaja juga hingga orang dewasa.  Tentu saja hal ini tidak terlepas dari kenyamanan pakaian itu sendiri. Pakaian kaos ini sendiri terbuat dari bahan katun combed. Dimana bahan ini sendiri sudah terbukti berkualitas, awet dan tahan lama. Selain itu harga untuk pakaian ini sudah pasti terjangkau dan murah. Dan berikut ini ada beberapa cara buat kaos yang dilakukan konveksi untuk menjadi pakaian yang layak diantaranya:

  1. Desain

Sesuai dengan namanya desain. Maka dalam hal ini ada seseorang yang bertugas untuk membuat sebuah desain. Seringkali desain ini dikerjakan oleh para desainer yang memang sudah berpengalaman. Dengan adanya desainer ini anda bisa membuat desain sesuai dengan keinginan anda.

  1. Pola desain

Setelah desain pakaian ini sudah tercipta. Maka tahap selanjutnya konveksi ini akan membuat pola desain. Dalam hal ini akan dimasukan ke bagian pola desain. Di sini sketsa dan gambar yang ada akan dituangkan ke dalam sebuah pola drafting. Guna untuk menciptakan sebuah sample baju dan pola desain itu sendiri.

  1. Pembuatan sample

setelah pola desain ini selesai untuk dilakukan. Anda pun akan masuk ke bagian pembuatan sampel. Di sini pola yang dibuat menjadi sebuah pakaian yang utuh dengan menggunakan bahan yang ada. Tujuan dari pembuatan sampel pakaian ini berguna menunjukkan pada desainer. Akan model pakaian kaos dari desain yang dibuat. Apa memang ada perubahan atau tidak.

  1. Produksi pola desain

Ketika kaos ini masuk ke tahap produksi pola desain. Maka sudah pasti pakaian ini siap untuk diproduksi secara massal. Nah, pada bagian ini pembuat pola atau pattern maker ini akan membuat pola pakaian di atas kertas. Kertas pola ini sendiri akan di bagi ke dalam beberapa kelas. Misalnya saja kertas tihue dll.

Setelah 4 cara di atas sudah terpenuhi dengan baik. Maka tahap selanjutnya ini adalah ada grading, marker making, cutting, sorting hingga terakhir penjahitan.  Setelah proses penjahitan ini selesai, maka akan masuk ke tahap lain. Yakni proses quality control dimana pada tahap ini pakaian kaos akan di cek oleh QUC.  Biasanya pakaian yang tidak lolos tahap QUC ini akan di kembalikan lagi pada proses pembuatan pakaian. Baik itu di perbaiki atau di ganti yang baru. Setelah lolos pakaian mulai di finishing dan siap di kirim ke tangan konsumen. Dengan begitu anda bisa menggunakannya setelah melewati beberapa tahap ini.

Leave a Comment